BerBudi Wisata Memberi Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim, Wisata Halal, Bisnis, Eksekutif Class, Premium VIP dan Promo Berkualitas!

Call center: Budi Yanto

6 Fakta Menarik Dari Masyarakat Indonesia Selama Menjalankan Ibadah Umrah

Fakta menarik ibadah Umroh

6 Fakta Menarik Dari Masyarakat Indonesia Selama Menjalankan Ibadah Umrah


BerBudi Wisata - Daya tarik para masyarakat Indonesia untuk menjalankan ibadah umroh di tanah suci memang semakin mengalami banyak peningkatan. Hal ini bisa dilihat dari segi banyaknya jamaah umroh yang berangkat ke tanah suci karena ingin mendapatkan pahala. Untuk para jamaah umrah pun juga ingin merasakan bagaimana suasana menjalankan ibadah di kota suci tersebut.

Jika dibandingkan dengan menjalankan ibadah haji, maka menjalankan umroh akan jauh lebih banyak diminati oleh masyarakat setempat karena mengingat bahwa waktu keberangkatan yang berbeda, yaitu untuk ibadah haji membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan hingga puluhan tahun lamanya. Sementara untuk ibadah umroh bisa dilakukan kapanpun sesuai dengan kehendak diri Anda sendiri.

Bagi Anda selaku masyarakat Indonesia, ada beberapa fakta menarik yang seharusnya Anda ketahui. Fakta menarik ini hanya akan terjadi oleh masyarakat Indonesia selama menjalankan ibadah umroh. Apabila Anda penasaran mengenai apa saja fakta tersebut, silahkan simak ulasan berikut:

1. Identitas yang dimiliki oleh jamaah Indonesia

Setiap jamaah haji umroh maka akan memiliki identitas tersendiri yang mana melalui identitas tersebutlah dirinya akan lebih mudah dikenali oleh jamaah yang lainnya. Namun tahukah Anda? bahwa untuk orang Indonesia memiliki identitas yang dianggap menarik dan unik bagi jamaah lainnya. Salah satu identitas yang dimiliki oleh jamaah Indonesia yaitu penutup kepala.

Di negara Indonesia penutup kepala tersebut disebut sebagai kopiah. Sedangkan untuk penduduk yang ada di Jazirah Arab menyebutnya sebagai ghutrah. Ternyata kopiah bagi jamaah Indonesia tidak hanya digunakan sebagai seragam saja, akan tetapi juga dijadikan sebagai sebuah tanda pengenal bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah Umroh. Untuk bisa menemukan jamaah umroh yang berasal dari negara Indonesia, maka Anda dapat melihat pada bagian penutup kepalanya.

2. Penggunaan bahasa Indonesia

Ternyata tidak hanya orang Indonesia saja yang bisa berbicara dengan Bahasa Indonesia. Akan tetapi hal unik yang bisa didapatkan yaitu para petugas keamanan Madinah maupun di Mekah juga bisa menggunakan bahasa Indonesia. Bahkan untuk pedagang kaki lima atau pedagang toko-toko pun juga bisa berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia, terutama di pasar-pasar Haramain.

Bagi jamaah Indonesia yang tidak bisa menggunakan bahasa Arab maupun bahasa Inggris, Anda tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan bahasa Indonesia saja, maka pedagang atau petugas sudah bisa memahami apa yang Anda katakan. Hal ini dikarenakan mereka memang sudah sangat familiar dengan adanya bahasa Indonesia. Untuk proses tawar-menawar pun juga dapat dilakukan menggunakan bahasa Indonesia.

Hal ini dikarenakan banyaknya jamaah yang berasal di negara Indonesia, sehingga banyak para pedagang dan penjaga yang lebih memahami bahasa Indonesia, meskipun pada kenyataannya tidak hanya negara Indonesia saja yang menjalankan ibadah umroh, namun dari berbagai negara pun juga datang ke tanah suci untuk mendekatkan diri kepada Allah.

3. Jamaah umroh paling hobi belanja 

Di Kota Mekah dan kota Madinah Indonesia sudah terkenal sebagai jamaah yang hobi berbelanja. Pada kenyataannya memang seperti itu, karena masyarakat Indonesia ternyata tidak hanya tertarik dan jasa karena banyaknya potongan harga atau diskon saja. Akan tetapi saat berada di tanah suci ini pun warga Indonesia juga memberlakukan tradisi belanjanya di tempat suci ini.

Pada biasanya jamaah umroh asal Indonesia akan melakukan belanja pada saat sudah menyelesaikan serangkaian ibadah Umroh. Untuk kebiasaan belanja ini lah sangat melekat bagi kalangan para pedagang yang ada di Haramain. Fakta lain yang bisa Anda temukan yaitu bahwa pedagang Haramain kita juga menerima transaksi berupa mata uang Rupiah. Hal ini menunjukkan bahwa sudah ada banyak sekali jamaah Indonesia yang melakukan transaksi di sana.

Rata-rata jamaah umroh asal Indonesia akan menghabiskan uangnya kisaran 4,2 juta rupiah untuk setiap jamaahnya. Sehingga wajar saja apabila para pedagang di sana menganggap bahwa masyarakat Indonesia memiliki hobi berbelanja. Belum lagi dengan oleh-oleh yang harus dibeli.

4. Jamaah yang paling banyak

Fakta menarik yang akan Anda jumpai bagi jamaah Indonesia yaitu, di tanah suci ini negara Indonesia memiliki jumlah yang paling banyak dalam menunaikan ibadah Umroh atau Haji. Tentu hal ini menjadi kebanggaan tersendiri sebagai masyarakat Indonesia. Dengan jumlah jamaah paling banyak inilah yang membuat negara Indonesia lebih banyak dikenal oleh para masyarakat yang ada di negara Jeddah, Madinah maupun Mekkah.

5. Indonesia terkenal masyarakatnya yang pelit

Bukan tanpa sebab, meskipun banyak pedagang yang mengakui bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang memiliki hobi berbelanja, namun tahukah Anda? bahwa Indonesia di Kota Mekah juga terkenal sebagai masyarakat yang pelit. Mungkin hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia terlalu banyak menawar harga pada setiap pembelian barang. Sebab itulah banyak pedagang yang beranggapan bahwa masyarakat Indonesia miliki karakter yang pelit.

Hal ini tidak selamanya benar, karena untuk setiap orang tentunya memiliki karakter yang tidak sama. Sebab itu tidak semua masyarakat Indonesia mempunyai karakter yang pelit, meskipun hanya ada beberapa masyarakat Indonesia yang pelit, namun setidaknya juga masih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki jiwa dermawan dan menjauhi karakter pelit.

Selain itu, pada dasarnya Indonesia bukan memiliki sifat yang pelit, hanya saja ingin menawar harga barang yang hendak dibelinya supaya barang yang hendak dibeli memiliki harga yang lebih murah, karena mengingat bahwa barang yang dibelinya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh cukuplah banyak, sehingga membelinya tentu tidak hanya 1 atau buah saja. Melainkan dalam jumlah yang banyak, sehingga wajar saja apabila proses tawar-menawar akan dilakukan para masyarakat Indonesia supaya lebih menghemat biaya pengeluaran.

6. Taat dan  tertib

Fakta lain yang cukup membanggakan bagi jamaah Indonesia yaitu bahwa karakter orang Indonesia yang taat dan tertib terhadap aturan yang ada di tanah suci. Meskipun jamaah umroh yang semakin besar sulit dikontrol, gaduh dan urakan, namun setidaknya negara Indonesia terkenal dengan jamaah yang tertib dan taat terhadap aturan.

Pengakuan ini telah diakui oleh otoritas Arab Saudi pada pemerintah Indonesia. Bagi pemerintah Arab Saudi memberikan penilaian bahwa jamaah haji asal Indonesia tidak hanya memiliki jumlah yang paling besar saja, namun juga terdaftar sebagai jamaah umroh paling terbaik di dunia. Jamaah Indonesia terkenal dengan kedisiplinannya dan taat terhadap aturan.

Sehingga tidak memberikan suasana yang gaduh berisik. Bahkan untuk barang-barang yang ada di hotel pun juga tidak mengalami kerusakan, dibandingkan pada jamaah lainnya yang sering kali merusakan fasilitas hotel. Hal ini tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri sebagai masyarakat Indonesia.

Itulah fakta menarik yang ada di masyarakat Indonesia selama menjalankan ibadah umroh di tanah suci Mekkah. Beberapa fakta menarik seperti penjelasan di atas memang menjadikan para masyarakat Indonesia lebih terdorong untuk menjalankan ibadah di tanah suci karena ingin mendekatkan diri kepada Allah, termasuk ingin menggugurkan segala dosa-dosanya.

0 Komentar untuk "6 Fakta Menarik Dari Masyarakat Indonesia Selama Menjalankan Ibadah Umrah"

Back To Top