BerBudi Wisata Memberi Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim, Wisata Halal, Bisnis, Eksekutif Class, Premium VIP dan Promo Berkualitas!

Call center: Budi Yanto

Jangan Lewatkan! Berikut Berbagai Keberkahan Hari Jumat Yang Wajib Anda Ketahui

Keberkahan Hari Jumat Yang Wajib Anda Ketahui

Jangan Lewatkan! Berikut Berbagai Keberkahan Hari Jumat Yang Wajib Anda Ketahui


Bagi seorang muslim, Jumat adalah hari yang paling baik diantara hari-hari lainnya dalam satu minggu. Karena selain Jumat adalah hari raya mingguan bagi muslim, Jumat adalah hari utama dimana di dalamnya banyak sekali keutamaan yang bisa dilakukan.

Karena begitu baiknya hari ini, banyak keutamaan dan amalan yang bisa dilakukan pada hari Jumat tersebut. Keutamaan dan amalan itu bisa dilakukan siapapun bagi mereka yang mengharap ridha dan pahala dari Allah SWT.

Nah, berikut beberapa keutamaan hari Jumat yang perlu anda ketahui.


1. Memberi Sedekah

Bagi seorang muslim, tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Artinya, memberi itu lebih baik daripada menerima. Oleh sebab itu, setiap muslim ada baiknya untuk menjadi kaya agar bisa memberi kepada orang lain. Terutama memberi sedekah pada yang lebih membutuhkan.
Salah satu keutamaan hari Jumat adalah memberi sedekah. Karena sedekah di hari Jumat lebih baik daripada sedekah di hari-hari yang lain. Sebagaimana bunyi hadist yang diriwayatkan oleh Ibu Qayyim berikut ini.
Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya.
Maka berikan sedekah terbaikmu di hari Jumat. Bisa langsung di pengemis jalanan, atau memasukkan pada kotak amal masjid pada waktu shalat Jumat.

2. Penghapusan Dosa

Rasul pernah bersabda:
Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at. 
Dari bunyi hadist yang diriwayatkan Bukhari di atas, jelas dikatakan bahwa Jumat adalah hari terbaik untuk penghapusan dosa. Maka lakukan taubatan nasuha pada hari Jumat agar semua dosa-dosa diampuni oleh Allah dan terlahir kembali menjadi pribadi yang murni setelahnya.

3. Hari Penghindaran Siksa Kubur

Tak perlu diragukan lagi bagi muslim beriman yang meninggal di hari Jumat. Allah telah menjanjikan menghindarkannya dari siksa kubur yang sangat menyiksa. Hal tersebut sesuai dengan bunyi hadist yang diriwatkan oleh Imam Tarmidzi.
Barangsiapa yang meninggal dunia di malam Jumat atau hari Jumat terjaga dari fitnah siksa kubur
Karena ajal kapanpun bisa menjemput, maka lakukan hal terbaik di hari Jumat. Karena bisa jadi ajal akan datang di hari Jumat pada siapapun.

4. Memperbanyak Shalawat

Ingin dekat dengan Allah pada hari kiamat nanti? Cobalah untuk senantiasa bershalawat di hari Jumat. Allah sudah berjanji dalam hadis Rasul yang diriwayatkan oleh Baihaqi. "Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.”

5. Pembeda antara Islam dan Non-Muslim

Hari Jumat adalah hari istimewa bagi kaum Muslim. Selain itu diberikan Nabi untuk membedakan antara harinya orang Yahudi dan orang Nashrani.

Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah bersabda:
Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Ahad. Dan di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk. [HR. Muslim]


Demikian beberapa keutamaan di hari Jumat. Karena berbagai keutamaan itulah banyak yang memanfaatkan hari Jumat untuk beribadah sebanyak-banyaknya. Bahkan kaum laki-laki diwajibkan untuk menunaikan shalat Jumat pada hari Jumat.

Agar bisa mengumpulkan banyak pahala di hari Jumat, maka usahakan untuk banyak membaca shalawat, membaca surat alkahfi dan berdzikir pada hari Jumat. Selain itu, bersedekahlah dengan harta terbaik agar Allah senantiasa melipatgandakan pahala sedekah di hari Jumat.

Seperti bunyi hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari berikut ini "Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin salat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintaannya.”

0 Komentar untuk "Jangan Lewatkan! Berikut Berbagai Keberkahan Hari Jumat Yang Wajib Anda Ketahui"

Back To Top