BerBudi Wisata Memberi Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim, Wisata Halal, Bisnis, Eksekutif Class, Premium VIP dan Promo Berkualitas!

Call center: Budi Yanto

Tips Itikaf Mandiri Di Masjidil Haram

Tips Itikaf Mandiri Di Masjidil Haram


ITIKAF DI MASJIDIL HARAM

Jika berkelapangan rezeki, beritikaflah 10 hari terakhir Ramadan di Masjidil Haram. Ga perlu mahal. Cuma modal transport sama visa dan makan saja. NIKMAT yang menurut saya harus dirasakan sebelum ajal menjemput.

TIPS :

1. Niat dan Sabar.
Ini harus kokoh banget. Ujian kesabarannya ruar biasa (buat saya sih). Bayangin, jutaan org dari beragam suku dan ras dgn budaya dan tingkat pendidikan berbeda, tumplek blek di satu masjid : ibadah, makan, tidur, dan memakai toilet bersama2.

2. Fisik.
Nah ini yg di luar dugaan buat saya. Dan mmg ga cari tau apa2 sblmnya. Di Indo Isya jam 19.00. Selesai taraweh paling lama jam 21.00 kan. Di Makkah kebetulan pas waktu Isya'nya jam 21.00an. Dan jangan ngarep juz amma ya.🀣. Jadi baru selesai witir jam 23.00. Kelar? Ya ngga dong.. namanya juga itikaf Ramadan di masjid istimewa pula. Jam 01.00 ada qiyamul lail sampai jam 03.00. Alunan Syekh As-Sudais bikin pingin nangis sekaligus berperang melawan kantuk! Saya sendiri hampir selalu ngalamin rasa melayang atau sujud kelamaan alias ketiduran. Astagfirullah.. Tapi ini adaptasi awal aja sih. Selanjutnya tubuh bs adaptasi. Oiya, habis itu langsung sahur karena subuh jam 4.00 🀣

Sudah kuat niat? Sudah punya tabungan sabar?

Nah.. lanjut tips dari saya

3. Kalo bawa koper atau backpack, gimana cara masuk Masjidil Haram yang melarang bawa tas besar dan memeriksa ketat?

Begini.. kalo kebetulan beramai2 sama teman2, kita sewa hotel yg agak jauh saja, buat nyimpen barang besar. 1 kamar yang 2 kasur pun cukup, karena kan cuma buat simpan koper atau mandi2 jika malas mandi di masjid. Kenapa sewa hotel yg jauh? Selain karena murah, jarak tempuh juga menguatkan niat kita utk istiqomah itikaf a.k.a anteng tinggal di masjid. Siapa juga yg mau bolak-balik jalan kaki 1-2 km diterik 46 derajat celcius? πŸ˜‚. Jadi biasanya ngakalin balik ke hotel utk mandi saja sehabis subuh dan buru2 balik lagi sblm matahari muncul. Oiya, di dalam Masjidil Haramnya sejuuuuuk.. jadi ga keringetan dan dijamin berat melangkah keluar apalagi kalo pingin merasa afdol itikafnya.

Alternatif lain, kalo cuma sdri atau berdua, bisa sewa luggage locker di dpn Masjidil Haram. Antri. Tapi senang lah.. orang Indo terkenal orang baik di sini.. pintar mengantri katanya 😁. Timbang2 aja total harganya dibanding sewa hotel yg bs dicek via aplikasi/portal travel atau minta bantuan agen travel.

Kalo bawaan cuma tas kecil, bisa dibawa ke dalam. Sesungguhnya kita ga akan butuh baju banyak kalo anteng di masjid. Paling keringetan kalo habis umroh atau tawaf siang2 dan di dekat Ka'bah. Di dalam Masjidil Haram ada 600 loker utk simpan barang berharga lengkap dg USB Port dan lampu LED! Jadi bs charging hp di situ. Jadi biar hemat baju, sy lebih sarankan yg warna gelap biar awet. Mandi bisa di toilet masjid yang alhamdulillah tahun lalu sih bersiiiih dan tak berbau. Jamaah2 negara lain malah banyak yg cuci baju di tempat wudhu yg sepi kalo pagi. Lalu jemur di tangga menuju toilet. Ya suhu 40 derajat sih, lgsg kering ya saat kelar mandi πŸ˜‚ asal pilih baju yg bahannya ringan dan mudah kering.

Urusan koper beres.. yuk mari cari shaf di dalam Masjidil Haram 😍.

4. Memilih Shaf

Saat memilih shaf, sebaiknya dekat keran air zam-zam (bukan galon zam-zam). Bawalah botol minum kosong, utk menampung zam-zam saat keran menyala, krn saat siang keran zam-zam mati. Jangan di momen jelang jam sholat, biasanya ramai. Zam-zam di botol berfungsi utk wudhu atau persiapan buka puasa agar tidak mengantri saat akan berbuka atau utk wudhu saat ingin menghemat energi agar tdk perlu ke tempat wudhu yang tak jarang jauh.

Lalu pastikan shaf yg dipilih bukan di jalur jalan, atau akses lalu lalang, sebaiknya agak di sudut atau di pinggir agar shaf anda tidak bolak-balik terinjak dan kekhusyuan anda terganggu. Oiya, menjauh dari kipas angin atau AC krn akan sangat dingin meski di luar 46 derajat celcius. Biar ga masuk angin juga sih 😁

Saya lebih suka memilih shaf dekat warga negara lain agar tidak ingin ngobrol apalagi curhat πŸ˜‚ tapi ini pun mempererat ukhuwah antar bangsa. Jd seru aja.. alhamdulillah jd punya temen dr bbrp negara gara2 shaf.

Menjelang ashar, jamaah mulai ruameeeee.. jd sebaiknya duduk manis di shaf karena kalau ditinggal, sekejap mata akan hilang meski sudah dititip tetangga shaf atau ditaroh tas. Hanya aman kalo ditidurinπŸ˜„.

Dan jika shaf anda direbut, tak usah marah, pindah saja ke rooftop kalo sore hingga subuh krn asik banget sholat di bawah bintang di udara terbuka. Bisa juga ke gedung baru tapi tdk ada akses langsung ke Ka'bah, tapi uadeeeem dan luaaaas. Pindah2 shaf menghilangkan jenuh juga mengingat akan menetap 10 hari kan.. dan insyaAllah berpahala krn menyedekahkan shaf pada org lain asal ikhlas dan sabar.
Ishbiruu wa shoobiruu wa roobituu
Enjoy your shaf! 😍

Lanjut Bagian 2 : Tips Itikaf Mandiri Di Masjidil Haram Bersama Anak


Sumber Tulisan FB Neneng Husein


0 Komentar untuk "Tips Itikaf Mandiri Di Masjidil Haram"

Back To Top