BerBudi Wisata Memberi Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim, Wisata Halal, Bisnis, Eksekutif Class, Premium VIP dan Promo Berkualitas!

Call center: Budi Yanto

Tips sehat dan bugar selama di Tanah Suci


Didalam rangkaian ibadah umroh, terdapat kegiatan-kegiatan yang sangat menguras energi, diantaranya adalah pada saat thawaf atau mengelilingi Ka’bah dan ketika melakukan sa’i yakni berlari-lari kecil antara bukit Shofa dan Marwah.

Apalagi ditambah dengan cuaca di Arab Saudi, baik saat musim dingin maupun panas yang kurang lebih agak berbeda dengan cuaca di Tanah Air sehingga membutuhkan persiapan fisik yang baik. Suhu di Arab Saudi pada musim panas bisa mencapai 45 derajat celcius sehingga cukup panas dan terik. Sebaliknya di musim dingin di malam hari hingga dini hari dapat menjadi sangat dingin.

Suhu udara yang panas dan terik dapat menyebabkan kita mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, menurunkan nafsu makan sehingga kita cenderung untuk mengurangi makan dan minum terlalu banyak air es. 

Padahal dehidrasi yang berlebihan dapat memicu kelelahan berat, tubuh terasa lemah dan sakit kepala. Hal ini cukup berbahaya bagi para jamaah yang telah lanjut usia dan anak-anak. Bahkan yang masih muda dan sehat dapat menjadi sakit bila tidak menjaga kesehatan dengan baik selama menunaikan ibadah umroh.

Berikut ini adalah tips menjaga badan agar tetap sehat dan bugar selama di Tanah Suci.

  • Untuk menghindari dehidrasi akibat kekurangan cairan, para jamaah hendaknya banyak minum dan sebaiknya menghindari minuman yang terlalu dingin seperti air es karena dapat menyebabkan infeksi tenggorokan. Bila ingin melakukan penghematan karena harga air minum kemasan yang mahal ( apalagi bila harus sering membeli ), maka bawalah botol air minum sendiri atau jangan buang botol minuman mineral Anda sehingga dapat Anda isi ulang dengan air zam-zam yang bisa Anda peroleh gratis sebanyak apapun. Air zam-zam memiliki keistimewaan meski dapat diminum dalam keadaaan mentah namun cukup higienis dan mengandung kadar fluoride yang cukup tinggi untuk membunuh kuman. 

  • Selain cukup mengkonsumsi air putih, jamaah juga disarankan mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar air dan mengandung vitamin C untuk kekebalan tubuh seperti jeruk, apel, pir dan pisang. Bila Anda suka, dapat mencampurkan buah kesukaan ke dalam botol minuman air putih seperti infused water agar terasa lebih segar dan aroma buahnya membuat Anda tidak bosan untuk banyak minum air putih. 
Contoh Infused Water, campuran berbagai buah dalam minuman air putih


  • Menu makanan hendaknya seimbang, maksudnya cukup mengandung karbohidrat untuk energi serta sayur dan protein. Sebagai pengganti nasi, selama perjalanan city tour misalnya, jamaah dapat membawa roti gandum, atau roti lainnya agar pada saat lapar tidak terlalu lama menunda makan sebelum berjumpa dengan nasi. Bila Anda kurang cocok dengan hidangan kari ala negara Arab, Anda dapat mencari makanan lain seperti roti, pasta atau mie. Di Arab Saudi kini telah makin banyak bermunculan menĂº nusantara yang dijual oleh orang Indonesia yang dapat Anda pilih sesuai budget dan selera. 

  • Perhatikan dan kurangi  aktifitas tak perlu yang dapat menghabiskan energi, seperti kegiatan belanja berlebihan atau berjalan-jalan menikmati kota Mekkah. Jalan-jalan dan berbelanja lakukan secukupnya saja, sisanya lebih banyak dipergunakan untuk kegiatan beribadah dan beristirahat karena tubuh yang kelelahan sangat rentan terhadap penyakit dan serangan virus. 

  • Gunakan masker penutup hidung terutama bila hari cukup terik dan berdebu. Apalagi bila di sekitar Anda terdapat jamaah yang sedang sakit. Terutama untuk menghindari penularan virus Merrs yang kerap menghantui para calon jamaah yang akan berangkat beribadah ke Tanah Suci. 

  • Siapkan obat-obatan untuk penyakit ringan seperti batuk, flu, sakit perut atau minyak gosok. Jangan ragu untuk menghubungi  posko kesehatan terdekat bila Anda merasa kurang sehat. Tenaga medis di sana akan membantu Anda menangani masalah kesehatan yang Anda derita. 
Balai Pengobatan di Arab Saudi

  • Tenaga jangan terlalu diforsir, segera beristirahat bila Anda merasa tidak enak badan atau capek. Ibadah selain rangkaian umroh dapat sementara Anda lakukan di hotel seperti membaca Al Qur’an, berdzikir atau melaksanakan sholat sunnah. 

  • Berdoalah selalu agar dapat menjalankan ibadah dengan lancar hingga selesai sesuai tuntunan dan dapat kembali ke tanah air dalam kondisi sehat wal`afiat. 

Demikian kiat tetap bugar selama menjalankan ibadah di Tanah Suci. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Tips sehat dan bugar selama di Tanah Suci"

Back To Top