BerBudi Wisata Memberi Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim, Wisata Halal, Bisnis, Eksekutif Class, Premium VIP dan Promo Berkualitas!

Call center: Budi Yanto

Tips memilih waktu tepat untuk beribadah umroh

Ibadah umroh mengandung arti berkunjung atau dengan sengaja mendatangi sebuah tempat. Sedangkan secara syar`i ibadah umroh adalah mengunjungi Baitullah dan melaksanakan serangkaian ibadah seperti thawaf, sa`i hingga diakhiri dengan mencukur rambut kepala atau bertahallul.

Karena mengandung arti berkunjung atau sengaja mendatangi suatu tempat, dalam hal ini Baitullah maka waktunya boleh dilakukan kapan saja tidak seperti ibadah haji yang hanya dilakukan pada bulan Dzulhijjah setiap satu tahun sekali.

Melakukan ibadah umroh wajib dilakukan sekali dalam seumur hidup bagi umat Islam yang mampu, karena itu di setiap musim ibadah umroh yang biasanya dimulai sejak berakhirnya ibadah haji di bulan dzulhijjah hingga datang musim haji berikutnya, akan banyak umat Islam dari seluruh penjuru dunia yang akan melakukannya.

Umroh awal tahun biasanya dilakukan sejak bulan February hingga April. Bulan-bulan ini dianggap sebagai low season karena peminatnya belum terlalu banyak sehingga biayanya cukup murah yakni sekitar 1700 USD hingga 2000 USD tergantung pada paket yang Anda pilih di biro travel umroh.

Puncak musim umroh akan terjadi pada bulan Mei hingga Juli apalagi pada bulan Juni 2016 adalah bulan Ramadhan, bulan dimana banyak keutamaan dan pahala yang akan didapat bagi mereka yang melakukan umroh di bulan tersebut. Sehingga biaya perjalanan ibadah umroh pun melonjak mencapai 2600 USD hingga 3000 USD. Termasuk bulan Desember yang berdekatan dengan liburan akhir tahun, dimana banyak orang yang ingin memanfaatkan waktu liburan akhir tahunnya untuk menunaikan ibadah umroh sekaligus perjalanan wisata di negara-negara dekat Arab Saudi.

Keistimewaan mengapa para jamaah memilih melakukan ibadah umroh di awal musim atau sekitar bulan February hingga April adalah karena cuacanya yang cukup bersahabat. Saat itu di Arab Saudi dan sekitarnya cuacanya tidak terlalu panas atau dingin sehingga cukup nyaman bagi para orang lanjut usia atau bahkan sambil membawa anak-anak turut serta dalam perjalanan ibadah ini.

Di Arab Saudi musim panas terjadi pada bulan Maret hingga Agustus, sedangkan musim dingin akan terjadi pada bulan September hingga Maret.
Di musim panas Anda tetap harus menyiapkan alat pelindung seperti topi, payung dan pakailah baju dari bahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik, karena cuaca akan sangat panas dan terik namun kadang-kadang masih turun hujan. Perbanyak minum dengan membawa botol air minum sendiri yang dapat diisi ulang dengan air zam-zam untuk menghemat pengeluaran. Makanlah yang cukup dan bergizi, bila memungkinkan konsumsi buah dan kurma secukupnya. Hindari aktifitas yang tidak perlu di luar aktifitas ibadah umroh dan terlalu banyak menguras energi.

Bila Anda berangkat umroh pada musim dingin, maka Anda perlu membawa jaket yang cukup tebal karena perubahan cuaca bisa sangat ekstrim, suhu dapat mencapai minus pada dini hari apalagi bila Anda berniat menghabiskan malam dengan beribadah di Masjidil Haram. Bawalah minyak gosok, minyak kayu putih dan obat-obatan ringan seperti obat flu, obat batuk dan obat herbal. Meski banyak toko dan supermarket yang menjualnya di Mekkah, namun ada baiknya Anda membawanya sendiri dari tanah air.

Bila Anda ingin menunaikan ibadah umroh pada puncak musim umroh seperti bulan Ramadhan karena ingin mendapatkan pahala yang setara pergi haji, Anda perlu menyiapkan dana ekstra karena harga paket yang lebih mahal. Selain itu fisik juga harus di persiapkan karena saat bulan Ramadhan di Arab Saudi sedang mengalami musim panas yang suhunya lebih panas dan terik daripada di Indonesia padahal Anda sedang berpuasa.

Demikian informasi seputar waktu yang tepat untuk menunaikan ibadah umroh, semoga bermanfaat bagi Anda mengambil keputusan kapan akan melaksanakannya sesuai budget dan kemampuan.





0 Komentar untuk "Tips memilih waktu tepat untuk beribadah umroh"

Back To Top