BerBudi Wisata Memberi Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim, Wisata Halal, Bisnis, Eksekutif Class, Premium VIP dan Promo Berkualitas!

Call center: Budi Yanto

Tips melakukan ibadah umroh bersama anak


Bagi orang dewasa sendiri, kegiatan dalam ibadah umroh merupakan kegiatan ibadah yang sangat menyita energi. Banyak persiapan yang harus dilakukan baik fisik maupun mental, apalagi bila kita juga ingin mengajak anak-anak untuk berumroh bersama. 

Dengan memanfaatkan paket umroh keluarga, kita  tidak hanya dapat menikmati indahnya berumroh bersama-sama, namun kita juga dapat mengajarkan nilai-nilai agama kepada anak-anak.

Meskipun berdasarkan kesepakatan para ulama, tidak wajib hukumnya bagi anak-anak untuk melaksanakan umroh terutama bagi mereka yang belum akil baligh namun bila ada kesempatan dan dana, sebaiknya anak-anak mulai diajarkan tentang ibadah umroh.

Selain alasan ingin mengajarkan agama kepada anak-anak, adapula para wanita yang tidak tega meninggalkan anak terutama yang masih membutuhkan ASI selama menjalankan ibadah umroh sehingga akhirnya membawa serta bayinya.

Biaya umroh yang dikeluarkan untuk anak yang berusia antara 0 – 24 bulan ( 2 tahun ) adalah sekitar 50% dari biaya umroh untuk dewasa. Sedangkan untuk anak diatas usia 2 tahun dikenakan biaya penuh, sama dengan biaya umroh orang dewasa.

Ketentuan terbaru, anak-anak harus memiliki paspor agar dapat bepergian keluar negeri termasuk melakukan ibadah umroh. Prosedur pembuatan paspor anak sama dengan pembuatan paspor orang dewasa namun karena anak-anak dibawah 17 tahun belum memiliki KTP maka dokumen yang digunakan adalah akta kelahirannya, KTP orang tua dan Kartu Keluarga ( KK ). Namun persyaratan nama di paspor anak  dengan 3 suku kata tetap berlaku sebagaimana orang dewasa.

Hal berikut perlu Anda perhatikan dalam persiapan berangkat umroh bersama anak-anak.

1. Sebelum berangkat, pastikan anak-anak mendapatkan vaksinasi meningitis, namun vaksin ini tidak wajib bagi anak yang berusia dibawah 2 tahun.

2. Anda juga harus mempersiapkan pula obat-obatan yang diperlukan untuk sakit ringan, misalnya minyak angin, obat panas, batuk, thermometer dan sebagainya. Bila perlu bawa pula vitamin dan suplemen. Terutama bila anak Anda memiliki penyakit khusus yang membutuhkan obat-obatan tertentu seperti alergi, asma dan lain-lain. Ada baiknya perlu juga berkonsultasi dengan dokter anak sehingga bisa mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan

3. Perhatikan pula pada musim apa anda akan berangkat berumroh bersama buah hati, bawa pula jaket, baju hangat dan pelembab kulit untuk Anda dan anak-anak..Bila Anda dan si kecil berangkat saat musim panas, pilih baju dari katun yang dapat menyerap panas.

4. Untuk makanan, di Tanah Suci tersedia restoran atau rumah makan yang menunya cukup bersahabat dengan anak-anak, misalnya ada yang menjual ayam atau telur goreng dan rebus, es krim dan sebagainya. Perhatikan pula apakah anak-anak juga memiliki alergi dengan jenis makanan tertentu.

5. Siapkan makanan kecil seperti biskuit, kue, kurma atau buah. Juga minuman baik berupa air putih, jus dalam kemasan dan susu.

6. Bawa serta mainan favorit si kecil atau buku bila ia sudah dapat membaca untuk mengatasi kebosanan baik selama perjalanan di dalam pesawat atau di sela melakukan rangkaian ibadah umroh.

7. Untuk menghindari anak tersesat, minta dia agar tidak terlalu jauh saat bermain atau selipkan kartu berisi nama anak, nama Anda beserta nomer telepon yang dapat dihubungi. Kartu tersebut dapat diberi tali dan digantungkan seperti name tag sehingga memudahkan bagi orang yang menemukan anak tersebut untuk menghubungi Anda atau petugas yang berjaga di sekitar Masjidil Haram.

8. Jangan terlalu memaksa bila  anak merasa capek pada saat menjalani thawaf keliling Ka’bah atau saat lari Sa’iPerhatikan kenyamanan anak saat melaksanakan ibadah umroh bersama Anda.
    Bila memungkinkan anda dapat menggendong si kecil atau menyewa kursi roda yang disediakan di sekitar Masjidil Haram karena stroller atau kereta bayi hanya boleh sampai pintu masuk masjid, hanya kursi roda masih boleh masuk. Siapkan kain gendongan untuk menggendongnya bila dia merasa lelah atau mengantuk. 

Kereta dorong yang dapat dimanfaatkan saat melakukan sai bersama anak
Demikian informasi cara aman dan nyaman membawa anak saat  ibadah umroh.
Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Tips melakukan ibadah umroh bersama anak "

Back To Top