BerBudi Wisata Memberi Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim, Wisata Halal, Bisnis, Eksekutif Class, Premium VIP dan Promo Berkualitas!

Call center: Budi Yanto

Tips aman memilih travel umroh dan haji

Hati-hati tertipu biro travel umroh dan haji palsu yang menjanjikan dapat memberangkatkan calon jamaah dengan biaya yang murah bila dibandingkan dengan biro lain yang sejenis.

Sebab tidak sedikit calon jamaah yang tidak saja mengalami banyak masalah misalnya gagal berangkat, terlantar di bandara, fasilitas yang dijanjikan tidak sesuai dengan kenyataan bahkan uang jamaah pun turut dibawa lari oleh pemilik biro travel tersebut.

Banyaknya kasus tertipunya calon jamaah haji maupun umroh  cukup memprihatinkan. Kebanyakan mereka tidak mengetahui bagaimana cara membedakan mana biro travel palsu dan mana yang benar-benar jujur.

Salah satu hal yang meragukan dari sebuah biro travel palsu adalah janji berangkat sesuai jadwal namun belum ada kepastian menyangkut seat ( kursi ) di pesawat. Sehingga hal ini mengakibatkan walaupun ada jadwal keberangkatan, namun menjadi molor.

Sedangkan jadwal penerbangan yang tidak sesuai, akan menyebabkan jadwal kedatangan di Madinah Saudi Arabia molor sehingga dapat menyebabkan masalah lain seperti hotel yang telah penuh di booking oleh jamaah yang telah lebih dulu pesan. Maka tak heran hal ini pernah menyebabkan calon jamaah haji dan umroh terlantar di Tanah Suci.

Pemerintah sebagai fasilitator mengharapkan agar masyarakat harus selalu berhati-hati dan jeli dalam memilih biro perjalanan umroh. Pastikan 5 hal seperti yang disebarluaskan oleh Kementerian Agama.
Saat ini ibadah umroh telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat tidak hanya sebagai ibadah dan menanti waktu menunggu jadwal keberangkatan haji yang lama akibat makin panjangnya antrian untuk haji, namun bagi sebagian masyarakat dapat menjadi sebuah perjalanan wisata religi
Karena itu sangat penting bagi masyarakat agar memilih biro perjalanan umroh yang baik dan dapat dipercaya agar dapat menghindari kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terutama sampai gagal berangkat atau bahkan tertipu sehingga kehilangan uang yang telah disetorkan.
Salah satu cara menghindari penipuan ini adalah menggunakan agen perjalanan yang direkomendasikan keluarga, kerabat, atau rekan-rekan Anda sebelumnya. Jika perlu, Anda dapat membandingkan sejumlah agen perjalanan untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
6 Hal berikut ini mimimal yang harus Anda perhatikan dalam memilih agen perjalanan haji dan umrah :
1.Perhatikan kantor agen dan tampilan kantor. Agen perjalanan yang bonafit memiliki kantor dan tertata dengan baik.
2.Perhatikan cara mereka melayani calon konsumen. Apakah para staffnya mendengar serta menjawab pertanyaan Anda dengan baik sesuai yang Anda inginkan. Agen perjalanan yang baik tidak sekadar mengejar transaksi. Staff sebuah agen umroh dan haji akan berusaha membangun hubungan komunikasi jangka panjang dengan calon jamaah.Pastikan Anda sebagai calon jamaah telah memperoleh informasi yang jelas tentang agen tersebut, mulai dari profil usaha hingga jenis jasa layanan yang disediakan.
3.Pastikan agen perjalanan yang Anda pilih memiliki izin haji dan umrah dari Departemen Agama Republik Indonesia. Cek di Website Kementerian Agama untuk mengetahui agen atau biro umroh dan haji tersebut memiliki ijin resmi dari Depag.
4.Pastikan agen perjalanan tersebut memiliki program Arbain dan Non-arbain. Arbain maksudnya, Anda akan tinggal lebih dari delapan hari di Madinah. Sedangkan program Non-arbain artinya Anda Madinah hanya beberapa hari saja, selebihnya di Makkah.
5. Agen perjalanan yang terpercaya memiliki jaringan kuat dengan industri pariwisata. Misalnya dengan asosiasi agen perjalanan, maskapai penerbangan, jaringan hotel, hingga ke perusahaan rental mobil. Agen yang berjaringan luas mencerminkan agen tersebut memiliki kredibilitas yang baik.
6. Yang terakhir adalah tanyakan pengalamannya dalam menangani jamaah haji dan umroh. Pengalaman sangat penting karena menangani jamaah haji dan umrah butuh keahlian. Hal ini dilakukan agar Anda sebagai jamaah merasa nyaman dan tenang saat menjalankan ibadah di Tanah Suci tanpa dipusingkan dengan masalah akomodasi, transportasi dan lain-lain.
Demikian informasi seputar tips memilih travel umroh dan haji yang tepat, semoga bermanfaat


0 Komentar untuk "Tips aman memilih travel umroh dan haji"

Back To Top