BerBudi Wisata Memberi Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim, Wisata Halal, Bisnis, Eksekutif Class, Premium VIP dan Promo Berkualitas!

Call center: Budi Yanto

Tempat-tempat berziarah di Mekkah

Mekkah merupakan kota yang dianggap istimewa dalam agama Islam selain dikenal sebagai tempat kelahiran nabi Muhammad SAW juga sebagai tempat awal dilakukannya ibadah haji.

Berikut ini adalah tempat-tempat kerap dikunjungi para peziarah dari berbagai bangsa :

1. Masjidil Haram &  Ka'bah


Masjidil Haram adalah masjid yang paling mulia di muka bumi, sebab barang siapa shalat di dalamnya maka pahalanya berlipat seratus ribu kali dari pada shalat di luar Masjidil Haram. Di tengah masjidil Haram terdapat Ka'bah yang menjadi kiblat kaum muslimin sedunia

2 .Multazam


Multazam termasuk tempat yang mustajab untuk berdoa'. Berada di antara pintu Ka'bah dan Hajar Aswad, lebarnya kira-kira 2 m. Disebut Multazam karena nabi saat selesai berthawaf, beliau ber-iltizam di tempat ini yakni menempelkan dadanya, kedua tangan dan pipi beliau.

3. Hajar Aswad

Hajar Aswad adalah batu yang tertanam di pojok Selatan Ka'bah. Batu ini berasal dari surga yang awalnya berwarna putih namun akibat dosa-dosa umat manusia maka batu itu menjadi hitam. 
Batu ini berasal dari yaqut surga yang diberikan kepada Nabi Ibrahim untuk diletakkan di pojok ka'bah, selain itu batu ini juga di kelilingi oleh batu perak murni untuk menjaganya.
            
4. Maqom Ibrahim


Letaknya berada sekitar 3-4 meter sebelah timur Ka'bah. Makam ini dihiasi emas oleh Khalifah al-Mahdi salah seorang Khalifah dari kerajaan Bani Abbashiyah pada tahun 161 H.

5. Hijir Isma'il


Bangunan ini terletak di Utara Ka'bah yang merupakan bangunan terbuka setengah lingkaran memiliki keutamaan barangsiapa shalat di dalamnya, maka sama dengan melakukan shalat di dalam Ka'bah

6. Jabal Abi Qubais


Tempat ini berada di  gunung Sofa, menurut sejarah tempat ini ada dalam salah satu isi dan kandungan surat al-Qamar yang menceritakan terbelahnya rembulan sebagai mu'jizat Nabi Muhammad SAW. Di gunung inilah rembulan terbelah di hadapan Nabi Muhammad.


7. Maulidun Nabi (tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW)


Tempat ini adalah tempat dimana Nabi Muhammad SAW di lahirkan, namun kini menjadi perpustakaan umum. Kerajaan Arab Saudi memugarnya dan menjadikannya tempat umum agar tidak mengundang perbuatan syirik dari para peziarah yang menyembah tempat ini.

8. Pemakaman Ma'la


Pemakaman kini adalah tempat bersejarah dan paling tua di kota Mekkah, karena telah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Ummul Mukminin Khadijah. Ra. istri pertama nabi juga dimakamkan disini.

9. Jabal Nur dan Gua Hira'


Gunung ini terletak sebelah Timur Masjidil Haram. Di puncak gunung ini terdapat sebuah gua yang dikenal dengan sebutan Gua Hira', yaitu tempat turunnya wahyu pertama pada Nabi Muhammad.
              
10. Jabal Tsur dan Gua Tsur


Gua ini terdapat di puncak gunung Tsur, yaitu gua di mana Nabi Muhamad SAW dan Abu Bakar Shiddiq Ra, pernah bersembunyi dari kejaran kafir Mekkah yang ingin membunuh beliau.

11. Arafah


Arafah adalah sebuah padang pasir yang luas yang pernah dijadikan tempat oleh nabi untuk berwukuf, di dalamnya terdapat Jabal Rahmah, tempat ini disebut Arafah menjadi tempat pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa setelah turun dari surga secara terpisah

 Rasulullah bersabda:

قال صلى الله عليه وسلم: " أفضل الأيام يوم عرفة, واذا وافق يوم جمعة فهو أفضل من سبعين حجة فيغير يوم الجمعة"

Artinya:
"Rasulullah SAW bersabda: sebaik-baik hari adalah hari Arafah, dan apabila hari Arafah bertepatan dengan hari Jum'at, maka (berhaji pada hari itu) lebih baik dari pada tujuh puluh kali haji selain hari itu" .

 Dianjurkan pula agar jamaah banyak berdo'a, karena Nabi SAW bersabda bahwa "sebaik-baik do'a adalah do'a pada hari Arafah" disunnahkan juga memperbanyak membaca al-Qur'an, membaca surat al-Hashr, membaca sholawat dan membaca surat al-Ikhas.

 Diriwayatkan dari Ali Bin Abi Thalib "barang siapa membaca surat al-Ikhlas seribu kali pada hari Arafah maka Allah akan memberikan/mengabulkan apa yang dia minta"

12. Muzdalifah


Muzdalifah adalah tempat yang diharuskan bagi jamaah haji untuk mabit, seperti yang tersebut dalam Al-qur'an :

فإذا افضتم من عرفات فاذكرالله عندالمشعرالحرام واذكورالله كماهداكم وان كنتم من قبله لمن الضالين  ثم افيضوا من حيث افاض الناس واستغفروالله ان الله غفورالرحيم  (البقرة: 198-199)

Artinya:
"Apabila kamu telah bertolak dari Arafah, berdzikirlah kamu kepada Allah sebagimana yang ditunjukkannya kepadamu dan sesungguhnya kamu sebelumnya termasuk orang-orang yang sesat (189) kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak dan mohon ampun kepada Allah sesugguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang" (al-Baqarah: 198-199(

Mabit di Muzdalifah merupakan bagian dari ritual haji yang utama, karena waktunya bertepatan dengan malam hari raya Idul Adha, tertulis dalam riwayat bahwa Rasulullah bersabda: 

"barang siapa menghidupkan malam-malam hari raya, maka Allah swt akan menghidupkan hatinya pada saat semua hati manusia sedang mati".

13. Mina



Mina merupakan bagian dari tempat penting dalam ibadah haji. Selain tempat mabit, Mina juga terdapat tiga jamarat (tempat untuk melempar jumrah), yaitu Jumra Ula, Jumra ustha dan jumra Aqabah. 

Demikianlah tempat-tempat ziarah yang dapat dikunjungi saat kita melaksanakan ibadah umroh dan haji di kota Mekkah.
0 Komentar untuk "Tempat-tempat berziarah di Mekkah"

Back To Top