BerBudi Wisata Memberi Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim, Wisata Halal, Bisnis, Eksekutif Class, Premium VIP dan Promo Berkualitas!

Call center: Budi Yanto

Tempat-tempat berziarah di Madinah

Madinah merupakan kota suci umat Islam karena di kota tersebut Nabi Muhammad SAW dimakamkan. Selain itu, Madinah menjadi kota suci karena di kota ini Rasulullah selama 13 tahun membangun peradaban, membangun hukum dan dasar-dasar Islam sehingga tak heran bila di kota ini banyak terdapat peninggalan bersejarah.

Sebelum kedatangan Islam, Madinah disebut  Yastrib yang dihuni oleh beberapa qabilah/suku/bani diantaranya bani Qaiuqa', bani Nadhir, bani Qraidlah, bani Auz, bani Khazraj, dll. Setelah Islam datang, Yastrib berganti nama menjadi Madinah al-Munawwarah (kota yang dipenuhi cahaya) yaitu cahaya kenabian Muhammad SAW dan cahaya Islam.

Dalam Hadis Shahih Bukhari di sebutkan. Dari 'Aisyah Ra ia berkata:

 "ketika kami masuk, Madinah adalah negeri tempat bersarangnya penyakit, lalu Rsulullah berdo'a: Ya Allah, berikanlah kecintaan kami kepada  Madinah  sebagaimana engkau  berikan kecintaan kami pada Mekkah, atau lebih dari itu, dan bersihkanlah ia serta berkatilah kepada kami dalam makanan dan bekalnya, serta gantilah wabah penyakit ini dengan Juhfah".

Nabi Muhammad juga bersabda banyak keberuntungan bagi orang yang datang ke Madinah dan berziarah ke makam Rasulullah sbb:

....من زارني بالمدينة محتسبا كنت له شفيعا يوم القيامة (أخرجه الطبراني والبيهاقي عن إبن عمر)

Artinya:
"Barang siapa berziarah padaku di Madinah karena berharap (syafaat), maka aku akan memberi syafaat padanya di hari kiamat" (HR Thabrani dari Ibnu Umar)

....من زارني بعد وفاتي فكأ نما زارني في حياتي (أخرجه أبو داود والطياليسي في مسنده. ص :12 من حديث إبن عمرمرفو عا)

Artinya:
"Barang siapa ziarah setelah wafatku, maka seakan-akan dia ziarah pada waktu aku masih hidup" (HR Abu Daud dan Al-Thayalisi dalam Musnadnya, hlm 12 dari Ibnu Umar berupa hadis marfu')

Madinah juga  merupakan tempat hidup para sahabat yang melihat langsung bagaimana Nabi mengajarkan shalat, puasa, dan semua amalan-amalan ibadah dalam Islam. Hal inilah yang menjadi dasar bagi Imam Malik ra untuk menjadikan amalan penduduk Madinah sebagai dasar hukum (  istinbath )
           
Berikut ini adalah 10 tempat berziarah di kota Madinah yang dapat Anda kunjungi :

1. Masjid Nabawi dan Raudlah


Masjid Nabawi adalah masjid Rasulullah dalam melaksanakan shalat lima waktu. Keutamaan masjid ini, adalah bahwa shalat di masjid nabawi, pahalanya melebihi seribu kali shalat di masjid selainnya. Maka jika seseorang ingin memasukinya selayaknya untuk bersikap tawdlu', khusyu' dan penuh rendah diri,  karena  selain untuk masuk ke masjid, juga karena ada makam Nabi Muhammad SAW.
Keutamaan lain dari Masjid Nabawi adalah, bahwa barang siapa melakukan shalat fardlu 40 kali terus menerus, maka ia akan terbebas dari api neraka dan diselamatkan dari adzab.

2. Raudlah



Dalam Hadis riwayat Imam Bukhari, bahwa Raudlah adalah sebuah tempat yang terletak di antara rumah Nabi dan Mimbar beliau dan merupakan salah satu taman dari beberapa taman sorga, sehingga tempat ini merupakan tempat yang menjadi rebutan oleh para peziarah dan dianggap sebagai tempat yang mustajab untuk berdoa.

3. Makam Nabi


Di makam ini yang terletak di kawasan masjid nabawi, selain terdapat makam sahabat nabi yang lain yakni Abu Bakar ra dan Umar. 

4. Kuburan Baqi'


Adalah sebuah kuburan yang terletak di arah tenggara Masjid Nabawi dan arah Timur Madinah al-Munawwarah. Di makam ini dimakamkan pula para sahabat Nabi Radiallahu 'anhum dan istrinya sehingga tempat ini banyak dikunjungi para peziarah dari berbagai negara baik dari jamaah haji maupun umroh.
.

5. Masjid Quba


 Masjid Quba merupakan masjid yang pertama kali dibangun oleh Nabi SAW ketika baliau baru sampai ke Madinah, yaitu pada bulan Rabu'ul Awal dan saat itu beliau menginap di rumah Bani 'Amir bin Auf selama beberpa hari. Sedangkan keutamaan masjid Quba', seperti yang tertera dari riwayat Imam at-Tirmidzi, bahwa pahala melakukan shalat di Masjid quba,  sama seperti melakukan umrah.

6. Masjid Jum'at


Masjid ini merupakan masjid yang  pertama kalinya digunakan oleh Nabi untuk melakukan shalat Jum'at, letaknya ke Utara kira-kira 1 km dari masjid Quba'. Setelah perluasan pada tahun 1412 H, masjid ini bisa menampung kurng lebih 650 jama’ah.

7. Masjid Qiblatain (dua qiblat)


 Masjid ini memiliki dua qiblat, di mana pada saat Rasulullah sedang melaksanakan shalat dhuhur menghadap ke Baitul Maqdis ( masjidil Aqsho ), datanglah perintah dari Allah untuk shalat menghadap Ka'bah dan seketika itu Rasulullah berubah menghadap Ka'bah. Masjid ini terletak di lembah 'Aqiq  yaitu di jalan Khalid bin Walid, dan hingga saat ini masih utuh dan digunakan untuk melakukan sholat oleh para peziarah dari berbagai penjuru dunia.

8. Masjid Abu Bakar


Di masjid Abu Bakar ini Rasulullah pernah melakukan shalat 'Ied yang kemudian diikuti oleh Khalifah Abu Bakar. Pada awalnya tempat ini merupakan lapangan luas yang menampung banyak jam'ah sehingga nabi melakukan shalat 'Ied di tempat ini Masjid ini berjarak sekitar 335 M dari Masjid Nabawi.
            
9. Masjid Umar



Masjid ini terletak di sebelah Barat daya Masjid Nabawi yang bejarak sekitar 455 M. Menurut sebagian riwayat bahwa tempat ini adalah kediaman Umar Bin Khattab. Ra.
Umar bin Khattab adalah sahabat Nabi yang utama yang banyak berkorban untuk keperluan dakwah Islam, beliau juga dikenal tegas, keras dan bijaksana, beliau juga orang yang pertama kali membuat tahun Hijriyah sebagai tahunnya umat Islam

10. Gunung Uhud


Gunung ini adalah saksi sejarah yang penting dalam Islam karena di tempat ini pernah terjadi peperangan yang dahsyat antara umat Islam dengan kaum kafir yang akhirnya dimenangkan oleh kaum kafir.      
Di dekat gunung Uhud juga terdapat kuburan syuhada' yang terbunuh pada saat perang uhud, termasuk paman Nabi Hamzah bin Abdul Muthalib.


Demikianlah beberapa tempat yang dapat dikunjungi selama berada di kota Madinah.
0 Komentar untuk "Tempat-tempat berziarah di Madinah"

Back To Top