BerBudi Wisata Memberi Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim, Wisata Halal, Bisnis, Eksekutif Class, Premium VIP dan Promo Berkualitas!

Call center: Budi Yanto

Tempat berdoa paling mustajab di Mekkah

Di Mekkah, terdapat beberapa tempat yang mustajab untuk berdoa. Menurut cerita dari para sahabat nabi bila kita berdoa di tempat tersebut doa kita akan dijawab oleh Allah SWT.

Saat kita hendak berangkat menunaikan ibadah haji atau umroh, seringkali saudara, kerabat, teman atau tetangga ingin didoakan sesuai hajat mereka. Karena itu sebaiknya  Anda mengetahui, tempat mana saja yang doanya paling cepat dijawab Allah SWT.

Tempat-tempat tersebut adalah sebagai berikut : 

Multazam
Adalah tempat diantara Hajar Aswad dan pintu Ka`bah. Tempat ini diyakini oleh semua ulama sebagai tempat yang paling mustajab untuk berdoa di sekitar Ka`bah. Hal ini disebutkan dalam hadist riwayat sahabat Abdullah bin Annas bahwasanya Rasulullah bersabda : 

“Multazam adalah tempat dikabulkannya doa. Tak ada satupun doa seorang hamba di multazam kecuali akan dikabulkan. ( HR. Ahmad ).  

Sehingga karena inilah multazam terlihat selalu penuh, namun bila tidak memungkin jangan terlalu dipaksakan menuju multazam agar terhindar dari situasi berdesak-desakan apalagi di cuaca yang panas yang dapat mengakibatkan jatuh, pingsan atau terinjak-injak banyak orang. 

Hijr Ismail
Tempat ini adalah tempat kedua setelah multazam yang banyak dituju oleh jamaah umroh dan haji dari berbagai negara. Sebelumnya Hijr Ismail termasuk bagian dari Ka’bah sehingga dengan melakukan sholat sunnah di Hijr Ismail seperti sama dengan melakukan sholat di dalam Ka’bah.

Namun karena pernah terjadi sebuah peristiwa ketika seorang ustadz melakukan sholat di Hijr Ismail dan tanpa sadar membelakangi Ka`bah maka ia pun ditangkap para polisi yang berjaga di sekitar Hijr Ismail.

Namun seorang syekh Masjidil Haram berkata bahwa boleh melakukan sholat di Hijr Ismail dengan membelakangi Ka`bah karena memang dulunya adalah bagian dari Ka`bah. Namun untuk menghindari kesalahpahaman, sebaiknya Anda mencari posisi menghadap Ka`bah saat melakukan sholat di Hijr Ismail ini.
 

Dibawah pancuran emas
 
Di area Hijr Ismail terdapat sebuah tempat dimana istri dan anak nabi Ibrahim pernah tinggal. Tempat tersebut selanjutnya ditandai dengan pancuran emas. Tempat ini dianggap sebagai tempat mustajab untuk berdoa, bahkan saat hujan turun, tak jarang para jamaah berebutan mengambil air yang jatuh dari talang emas tersebut.. Setelah melakukan sholat dan berdoa di Hijr Ismail,para jamaah dapat menyempatkan berdoa di bawah talang emas tersebut.

 
 
 
 
 

Di belakang maqam nabi Ibrahim
 
Biasanya setelah melakukan thawaf 7 kali memutari kabah, para jamaah akan melakukan sholat sunnah dan berdoa di makam ini.
Dr. Abla Muhammad al Kahlawi berkata bahwa dalam kitab Qadhaya fi al Hajj wa al umrah,  fadhilah atau keutamaan dari makam Ibrahim adalah dikabulkannya setiap doa yang dipanjatkan di tempat tersebut.

 
 
 
 
 
 
 
Sewaktu mengerjakan sai di bukit Shofa
 
Bukit Shofa adalah awal dimulainya aktifitas sai atau berlari-lari kecil. Sebelum melakukannya, para jamaah mulai berdoa ditempat ini.. Selain membaca doa untuk memulai sa’i, perbanyak pula membaca doa lainnya, karena tempat ini dianggap sebagai tempat mustajab untuk berdoa.






 

Di bukit Marwah
 
Marwah adalah tempat sai berakhir dan biasanya para jamaah akan melakukan tahallul atau memotong rambut di tempat ini setelah proses ibadah umroh selesai. Sama halnya ketika berada di bukit Shofa, bacalah banyak doa dan berdzikir kepada Allah SWT apalagi bila Anda memiliki hajat khusus.

 
 
 
 
 
 
 
 
Demikianlah tempat-tempat yang dianggap mustajab untuk berdoa di Mekkah, tentang dikabulkannya doa tersebut hal itu menjadi hak sepenuhnya Allah SWT karena hanya Dialah yang Maha Mengetahui yang terbaik untuk hambaNya. 

Namun setidaknya kita boleh beriktiar semaksimalnya untuk berdoa di tempat ini seperti yang ditunjukkan oleh contoh dari Rasulullah, para sahabat dan tabi`in yang pernah melakukan ibadah atau doa-doa di tempat tersebut.
0 Komentar untuk "Tempat berdoa paling mustajab di Mekkah"

Back To Top