BerBudi Wisata Memberi Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim, Wisata Halal, Bisnis, Eksekutif Class, Premium VIP dan Promo Berkualitas!

Call center: Budi Yanto

PENTING ! Pelaksanaan vaksin meningitis sebelum pergi umroh atau haji

Sebelum melakukan ibadah haji dan umroh, kita diwajibkan untuk melakukan vaksin meningitis oleh Pemerintah Arab Saudi sebagai bagian dari persyaratan mendaftar haji maupun umroh.
Hal ini karena menurut data dari WHO ( World Heath Organization ) , negara  Arab Saudi termasuk dalam salah satu negara sebagai tempat endemik bagi penyebaran virus meningitis. Namun apakah sebenarnya yang disebut sebagai meningitis itu?.
Meningitis adalah radang pada membran pelindung yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang, yang secara kesatuan disebut sebagai meningen. Meningitis bisa disebabkan oleh virus, bakteri atau dari mikroorganisme lainnya. Pada kasus tertentu meningitis dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu.
Meningitis dapat menyebabkan kematian karena terjadinya peradangan di otak dan sumsum tulang belakang, sehingga meningitis dianggap penyakit yang sangat serius dan berbahaya. Penanganan yang tidak cepat , selain dapat menyebabkan kematian, apabila bisa sembuh pun masih dapat menyebabkan cacat.
Virus ini menyebar melalui darah menuju otak dan sumsum tulang belakang. Udara dapat menyebarkan virus ini sehingga masuk kedalam tubuh menuju tenggorokan dan darah lalu menuju otak.
Gejala-gejala meningitis diantaranya adalah sakit kepala dan leher kaku disertai demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah dan gangguan kepekaan terhadap cahaya ( dikenal dengan istilah fotobia ) atau juga kepekaan terhadap suara yang keras  ( fonobia ). Meningitis pada anak-anak menunjukkan beberapa gejala nonspesifik seperti lekas marah dan mengantuk. Ruam merah juga muncul yang disebabkan oleh bakteri meningokokus.
Meningitis dapat mengakibatkan konsekuensi jangka panjang seperti ketulian, epilepsi, hidrosefalus ( pembengkakan di kepala akibat cairan otak yang berlebihan ) dan defisit kognitif, terutama bila tidak dirawat dengan cepat dan tepat. Virus meningitis memiliki beberapa jenis, beberapa jenis meningitis misalnya yang berhubungan dengan meningokokus, Haemophilus influenzae type B, pneumokokus atau infeksi virus mumps. Jenis-jenis virus tersebut dapat dicegah oleh imunisasi / vaksin Meningitis.
Tujuan dari suntik vaksin meningitis adalah untuk melindungi jamaah dari penularan virus penyebab meningitis dan vaksinasi ini dapat berlaku selama 3 tahun. Apabila setelah tiga tahun tadi kita ingin melakukan umroh lagi atau haji maka kita harus melakukan vaksinasi meningitis lagi.
Biaya yang dkeluarkan untuk vaksin meningitis ini berkisar antara 150 ribu hingga 400 ribu tergantung dari jenis vaksin yang digunakan. Setelah melakukan vaksin meningitis kita akan mendapatkan Buku Kuning Vaksin Meningitis.
Buku kuning digunakan sebagai persyaratan dalam pengurusan visa  untuk dapat masuk ke Kerajaan Arab Saudi melakukan ibadah haji, umroh maupun kunjungan kerja dan lain-lain.
Ada beberapa tempat yang khusus ditunjuk untuk melakukan vaksinasi meningitis. Untuk informasi lebih lanjut, para jamaah dapat meminta bantuan informasi kepada biro travel umroh yang akan digunakan untuk keberangkatan umroh dan haji termasuk jadwal suntik meningitis tersebut karena tempat penyelenggaraannya tidak mengadakannya setiap hari.
Yang perlu diperhatikan adalah, ibu hamil dilarang melakukan suntik meningitis karena dikhawatirkan akan membahayakan janin dan dapat menyebabkan cacat. Apabila para jamaah merasa badan kurang sehat dan sedang demam, sebaiknya menunda jadwal vaksinasi hingga kondisi telah fit agar tidak terjadi demam yang lebih tinggi bahkan dapat memicu kejang.
Apabila telah mendapatkan tempat dan jadwal yang telah ditentukan, para jamaah mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan, sediakan fotocopy passport dan pass foto ukuran 4 X 6.
Demikian informasi seputar vaksin meningitis sebagai persyaratan keberangkatan umroh dan haji. Semoga dengan informasi diatas, kita dapat melakukan umroh atau haji dalam kondisi badan sehat dan kembali dalam keadaan yang baik pula.
 
 

 
0 Komentar untuk "PENTING ! Pelaksanaan vaksin meningitis sebelum pergi umroh atau haji "

Back To Top