BerBudi Wisata Memberi Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim, Wisata Halal, Bisnis, Eksekutif Class, Premium VIP dan Promo Berkualitas!

Call center: Budi Yanto

Pengertian Haji dan Umroh

PENGERTIAN HAJI

Pengertian ibadah haji adalah rukun Islam kelima yang di dalamnya terdapat rangkaian ibadah yang dilakukan oleh seluruh umat Islam di dunia yang mempunyai kemampuan baik secara fisik, finansial dan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji. Di dalamnya terdapat kegiatan di beberapa tempat tertentu di Arab Saudi dan hanya dilakukan pada bulan Dzulhijjah.

Waktu pelaksanaan ibadah haji ditentukan mulai tanggal 8 Dzulhijah yakni saat seluruh jamaah haji bermalam di Mina. Pada tanggal 9 Dzuhijjah semua jamaah melakukan wukuf di Padang Arafah dan diakhiri dengan melempar jumrah pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Ibadah haji memiliki beberapa macam, yaitu :

1.   Haji Tamattu
Tamattu memiliki arti bersenang-senang atau bersantai dengan melakukan ibadah umroh pada bulan haji atau Dzulhijjah lalu bertahallul. Setelah itu menunaikan ibadah haji tanpa kembali ke Tanah Air, artinya dalam bulan yang sama dengan keberangkatan haji Anda memunaikan sekaligus umroh dan haji.

2.   Haji Ifrad
Ifrad artinya menyendiri. Pelaksanaan haji ifrad bila Anda bermaksud menyendirikan antara haji dan umroh. Misalnya Anda ingin mendahulukan ibadah haji. Saat di miqpt Anda berniat melaksanakan ibadah haji dan setelah rangkaian ibadah haji selesai, maka Anda kembali mengenakan pakaian ihram untuk menunaikan Ibadah umroh.

3.   Haji Qiran
Qiran mengandung arti menggabungkan atau menyatukan. Yang dimaksud dengan menggabungkan adalah Anda berniat melaksanakan ibadah haji sekaligus umroh. Pelaksanaan haji qiran ini adalah Anda tetap mengenakan pakaian ihram sejak di Miqot dan melaksanakan semua rukun dan wajib haji sampai selesai meskipun memakan waktu yang lebih lama, karena menurut Abu Hanifah, melaksanakan haji qiran adalah dengan melaksanakan dua kali thawaf dan dua kali sa`i.

Adapun rukun haji yang harus dilaksanakan adalah :
1. Ihram atau membaca niat ibadah haji
2. Wukuf di Padang Arafah, yakni wajib hadir di padang arafah sejak masuk waktu dzuhur sejak tanggal 9 dzulhijjah hingga terbit fajar tanggal 10 dzulhijjah.
3. Melakukan thawaf mengelilingi Ka`bah sebanyak 7 kali
4. Melakukan sa`i yaitu berlari-lari kecil antara Shofa dan Marwah
5. Menggunting sebagian rambut atau seluruhnya ( menggunduli ) atau disebut juga tahallul
6. Tertib.

PENGERTIAN UMROH

Sedangkan ibadah umroh terbagi dalam dua, yakni dari segi bahasa maupun syar`i. Dari segi bahasa, umroh mengandung arti berkunjung atau dengan sengaja mendatangi sebuah tempat. Sedangkan secara syar`i ibadah umroh adalah mengunjungi Baitullah dan melaksanakan serangkaian ibadah seperti thawaf, sa`i hingga diakhiri dengan mencukur rambut kepala atau bertahallul

Umroh dalam segi bahasa berarti berkunjung, dapat juga dikatakan dengan sengaja mendatangi tempat yang selalu dikunjungi. Karena mengandung makna mengunjungi tempat dengan sengaja, maka waktunya boleh dilakukan kapan saja tidak seperti ibadah haji yang hanya dilakukan pada bulan Dzulhijjah setiap satu tahun sekali.

Ibadah Umroh juga disebut dengan al-hajju l-ashghar (haji kecil) yang menurut bahasa memiliki arti “berkunjung ke Baitullah, untuk melakukan thawaf, sa’i dan bercukur demi mengharap ridho Allah”.

Berbeda dengan ibadah haji cukup dilakukan hanya sekali dalam seumur hidup, ibadah umroh boleh berulang kali dikerjakan, namun tetap hukumnya wajib hanya satu kali dalam seumur hidup.  Bila telah satu kali melakukan maka tidak perlu lagi menunaikan ibadah umroh meskipun bila seseorang mampu dan dapat melakukannya berulang kali hal tersebut diperbolehkan. 

Banyak jamaah yang mampu sehingga dapat menunaikan ibadah umroh lebih dari satu kali, hal ini karena dalam ibadah umroh terdapat keutamaan sebagaimana sabda Rasulullah : 

Dari umroh ke umroh adalah penghapus dosa antara keduanya”

Tata cara ibadah umroh harus dilaksanakan sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam dan kita tidak boleh mengubah urutannya sesuai keinginan kita.

Demikian informasi tentang pengertian ibadah haji dan umroh, semoga bermanfaat.






0 Komentar untuk "Pengertian Haji dan Umroh"

Back To Top