BerBudi Wisata Memberi Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim, Wisata Halal, Bisnis, Eksekutif Class, Premium VIP dan Promo Berkualitas!

Call center: Budi Yanto

Kota Madinah Al Munawarah


Kota Madinah adalah kota utama di negara Arab Saudi. Kota ini sangat ramai dikunjungi atau menjadi tempat tujuan berziarah oleh kaum Muslimin dari seluruh penjuru dunia. Di kota tersebut terdapat sebuah masjid besar yang memiliki keutamaan karena beribadah di dalamnya akan mendapatkan pahal berlipatganda yaitu Masjid Nabawi.
Kota Madinah dikenal sebagai kota pusat perkembangan agama Islam dan menjadi pusat pendidikan Islam sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Banyak ulama dan cendekiawan Islam bermunculan dari kota ini diantaranya adalah Imam Malik, salah satu dari 4 Imam Besar selain Imam Syafii, Imam Hanafi, dan Imam Hambali. Di Madinah juga terdapat berbagai Jami’ah ( Universitas ) dan perguruan-perguruan tinggi Islam.
Sumber perekonomian masyarakat kota Madinah adalah selain sektor pertanian dan perkebunan kurma, peternakan juga berasal dari perdagangan dan jasa pelayanan para peziarah yang datang berkunjung ke kota Madinah, diantaranya adalah jasa perhotelan dan lain-lain.
Beberapa keutamaan kota Madinah sebagai salah satu kota suci umat Islam adalah :
1. Kota Madinah adalah tempat yang diprioritaskan penyebutan namanya dalam Al qur'an.
2. Allah SWT telah menjadikannya sebagai Tanah haram ( suci )
3. Diharamkan melakukan perburuan di kota Madinah
4. Dilarang memotong pohon-pohon, mencabutnya serta memungut barang yang tercecer.
5. Diharamkan berperang di dalam kota Madinah
6. Allah SWT memilih kota Madinah sebagai tempat disemayamkannya Rasulullah SAW.
7. Yang paling utama adalah pahala berlipat ganda bila beribadah di Masjid Nabawi
Beberapa tempat istimewa yang berlokasi di sekitar kota Madinah antara lain :
1. Masjid Nabawi
 

Masjid Nabawi merupakan masjid terpenting di kota Madinah karena dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan menjadi tempat beliau dimakamkan. Masjid ini merupakan salah satu dari masjid utama bagi umat Islam selain Masjidil Haram dan Msjidil Aqsha di Palestina.

2. Masjid Quba
 

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun 1 hijriyah atau 622 masehi. Lokasinya sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah.

3. Masjid Qiblatain
 
 
Masjid Qiblatain ( masjid 2 kiblat ), masjid ini awalnya bernama masjid Bani Salamah karena dibangun di atas tanah milik bani Salamah. Lokasinya berada di tepi jalan menuju kampus Universitas Madinah.

4. Jabal Uhud

Bukit ini terkenal karena peristiwa perang Uhud yang terjadi antara umat Islam masa itu dengan kaum kafir Quraisy pada tanggal 15 bulan syawal tahun 3 hijriyah ( bulan Maret 625 Masehi ). Dalam sebuah hadist dikisahkan bahwa bukit Uhud mencintai Rasulullah. Dari Anas bin Malik r.a, Rasulullah bersabda :
"Sesungguhnya Uhud adalah satu gunung yang mencintai kami dan kami juga mencintainya."

5. Makam Baqi
Makam Baqi lebih dikenal namanya sebagai Jannatul Baqi merupakan tempat pemakaman besar di kota Madinah. Di sini dimakamkan para sahabat dan keluarga nabi Muhammad SAW. Letak Makam Baqi berseberangan dengan masjid Nabawi tempat nabi dimakamkan. Doa yang diajarkan oleh Rasulullah agar dibaca saat berziarah ke makam ini adalah :
"Kesejahteraan atas kamu wahai penghuni-penghuni Makam dari kalangan mukminin dan muslimin. Allah merahmati mereka yang terdahulu dan kemudian dari kalangan kami dan sesungguhnya kami dengan izin Allah akan mengikuti kamu"
"Kesejahteraan atas kamu tempat tinggal orang-orang yang beriman, dan telah datang pada kamu barang apa yang telah dijanjikan untukmu, kamu ditangguhkan hingga hari esok dan dengan izin Allah kami akan mengikuti kamu, wahai Allah, ampunilah penghuni-penghuni Baqi' Al-Gharqod".
 
Demikianlah keistimewaan kota Madinah bagi umat Islam, semoga kita mendapatkan kemudahan untuk berziarah dan mengunjungi tempat-tempat tersebut.
 
 
 
 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
0 Komentar untuk "Kota Madinah Al Munawarah"

Back To Top