BerBudi Wisata Memberi Informasi Umrah, Haji, Tour Muslim, Wisata Halal, Bisnis, Eksekutif Class, Premium VIP dan Promo Berkualitas!

Call center: Budi Yanto

6 Tips agar Disegerakan Berangkat Umroh

Umroh merupakan sebuah perjalanan ibadah yang hukumnya ada dua yakni wajib dan sunnah. Disebut sebagai ibadah wajib bila Anda belum pernah melakukannya sama sekali, sedangkan dinamakan sunnah bila Anda telah melakukan sekali dan ingin menunaikannya lagi di tahun-tahun berikutnya.
Ibadah Umroh wajib dilakukan satu kali dalam seumur hidup bagi yang mampu melaksanakannya baik secara finansial, kesehatan fisik dan mental serta ada perbekalan yang ditinggalkan untuk keluarga di tanah air.
Bagi yang mampu, melaksanakan ibadah umroh bukanlah hal yang sulit namun bagi yang belum mampu tidak ada yang mustahil bila kita berniat kuat dan Allah menghendaki. Keinginan yang kuat untuk segera umroh didasari oleh keutamaan ibadah umroh seperti yang disebutkan dalam hadist di bawah ini :
Dari Abdullah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387).
 
Karena persiapan yang cukup banyak dan biaya yang dikeluarkan relatif besar maka banyak pula yang baru bisa melaksanakan ibadah umroh ini setelah bertahun-tahun menabung. Bagi yang ingin segera menunaikan ibadah umroh namun dana masih belum mencukupi, hendaknya memperkuat niat dengan melakukan amalan-amalan yang insya allah akan mempermudah kita segera berangkat umroh. Allah SWT telah menjanjikan kepada kita dalam ayat Al-Qur’an dibawah ini :
 
“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. 34:39) 
 
Beberapa tips yang kita lakukan agar segera dapat menunaikan ibadah umroh adalah sebagai berikut :
1.   Memiliki niat yang kuat, bila perlu tulislah niat umroh tersebut beserta target tahun atau waktu yang kita inginkan. Tempelkan tulisan beserta gambar Ka’bah sebagai visualisasi di tempat-tempat yang mudah kita lihat seperti cermin, tembok kamar atau buku agenda agar kita senantiasa ingat dengan niat pergi umroh tersebut. Selain itu, miliki tabungan khusus untuk menyisihkan penghasilan Anda, meski sedikit namun jangan lupa, hal-hal besar dan serius bermula dari hal yang sepele seperti menabung recehan atau menyisihkan sebagian penghasilan. 
 
2.   Jangan pernah bosan berdoa dengan istiqomah. Ingatlah bahwa doa dapat mengubah nasib seseorang karena itu jangan pernah lelah berdoa dan meminta kepada Allah SWT. Barangkali akan ada yang berpendapat kita seperti mendikte Allah dengan permintaan agar disegerakan berumroh, namun percayalah bahwa Allah justru lebih suka bila kita meminta hanya kepadaNya daripada kepada makhlukNya yang lain.
 
3.   Rajinlah melaksanakan sholat tahajjud, perbanyak doa dan membaca Al Qur`an. Bertaubatlah kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh.  
 
4.   Bila kita masih memiliki orang tua, mintalah agar orang tua kita turut mendoakan supaya niat Anda segera pergi umroh terkabul.  
 
5.   Jangan lupa untuk meminta maaf kepada orang-orang yang pernah kita sakiti atau yang kita kenal. Diantaranya adalah orang tua, kerabat, tetangga dan teman. 
 
6.   Bila Anda masih memiliki hutang atau pinjaman berupa barang, segeralah melunasi hutang tersebut dan mengembalikan barang yang masih Anda pinjam. Hindari menahan hak orang lain, dengan begitu keinginan Anda untuk segera berangkat umroh insya allah akan segera dikabulkan.
 
Demikianlah, beberapa tips bagi Anda sudah tidak sabar lagi ingin menunaikan ibadah Umroh, agar dimudahkan jalannya dalam melaksanakannya baik sejak berniat dan saat menjalankan rangkaian ibadah umroh di Tanah Suci.
0 Komentar untuk "6 Tips agar Disegerakan Berangkat Umroh"

Back To Top